Lakukan sesuatu dengan ikhlas maka kamu akan temukan kebahagiaan yang jauh dari yang kamu bayangkan. (◦'⌣'◦ )

Jumat, 03 Agustus 2012

Tips Membeli Kamera Digital

13 Tips Membeli Kamera Digital

 

Kamera digital kini banyak orang yang memilikinya. Dari mulai kamera tambahan sederhana yang ada di ponsel hingga kamera SLR yang canggih sudah ada. Ada banyak pilihan kamera digital yang bisa Anda pilih. Seringkali, pemula merasa bingung manakah kamera yang sebaiknya dipilih. Tips berikut ini berusaha membantu Anda memilih kamera digital dari berbagai macam tipe yang ada di pasaran yang tidak dibutuhkan yang akhirnya hanya menguras uang Anda. Pertimbangan pertama adalah jumlah uang yang Anda anggarkan untuk membeli kamera ini.
1.  Tentukan biaya yang Anda miliki untuk membeli kamera digital. Berpikirlah realistis dan jangan membeli semua fitur.

2.  Tentukan tingkat skill Anda dalam hal fotografi. Seorang pemula tentu membutuhkan kamera yang berbeda dengan seorang yang mahir. Bagi pemula, kamera tipe arahkan dan jepret akan mencukupi. Bagi mereka yang sudah berpengalaman, lebih baik menggunakan kamera yang bisa diatur secara manual, seperti pengaturan exposure, zoom, dan sebagainya.

3.  Tentukan jenis penggunaan kamera. Untuk memotret pemandangan atau memotret di alam bebas, tentu lebih dibutuhkan kamera yang ketika diklik langsung mengambil gambar.

4.   Anda bisa melihat situs-situs fotografi di Indonesia atau preview peralatan hardware fotografi untuk lebih jelas tentang review dari beberapa merek kamera digital.

5.  Buat daftar fitur yang paling Anda inginkan. Anda bisa memprioritaskan fitur tersebut. Misalnya Anda ingin yang zoom-nya bagus, ukuran ringkas, kualitas gambar bagus, dan sebagainya.

6.  Tentukan jenis dan tipe baterai yang Anda inginkan. Baterai lazim yang dipakai adalah jenis AA atau baterai yang bisa diisi ulang. Ada juga kamera digital yang menggunakan cartridge baterai isi ulang. Jenis ini memang lebih ringan dan lebih lama masa aktifnya, tetapi mirip dengan baterai ponsel yang jika di-charge akan berkurang masa aktifnya. Selain itu baterainya juga sulit dicari karena tidak mudah ditemui di toko-toko biasa. Bahkan di toko penjual resminya pun tidak selalu ada stoknya.


7.  Jangan ngotot untuk membeli semuanya, misalnya kamera, tripod, dan sebagainya. Untuk awal, beli saja sesuai kebutuhan Anda. Nantinya bisa beli lagi jika memang diperlukan.

8.  Mengenai megapiksel, Anda harus tahu bahwa megapiksel tidak identik dengan gambar yang bagus. Ada beberapa aspek yang lain yang mempengaruhi gambar yang bagus. Contohnya adalah lensa yang bertugas menentukan kualitas gambar. Anda bisa berkonsultasi pada pakar fotografi untuk menentukan berapa sebenarnya kapasitas megapiksel yang dibutuhkan. Untuk pemotretan standar nonprofesional, usahakan minimal 3 megapiksel.

9.  Sempitkan pencarian Anda pada satu atau dua model, kemudian berkelilinglah di toko-toko untuk menanyakan harga produk. Namun, jangan hanya harga yang jadi pertimbangan, tetapi juga layanan purna jual. Ada saja toko yang menjual murah, tetapi layanan purna jualnya jelek.

10. Pastikan kamera Anda ada garansi resminya. Biasanya garansi barang elektronik termasuk kamera adalah 1 tahun.

11. Tanyakan kepada teman-teman tentang kamera pilihan Anda jika masih butuh pertimbangan.

12. Ketahuilah bahwa optical zoom berbeda dengan besaran zoom yang biasa diiklankan. Besaran zoom yang biasanya diiklankan adalah pembesaran secara software, bukan pembesaran dari lensa (optical zoom).

13.  Cek apakah kamera tersebut bisa diberi aksesori tambahan atau tidak. Beberapa fotografer profesional suka jika kamera yang mereka beli bisa diberi tambahan, seperti lensa teropong, tripod, dan sebagainya.

Itulah 13 Tips membeli kamera digital...


2 komentar: